Ticker

6/recent/ticker-posts

Software Simulator jaringan keren dan menarik untuk belajar jaringan

IP (Internet Protocol) adalah sebuah protokol yang digunakan sebagai alamat identifikasi untuk tiap komputer atau host dalam suatu jaringan. Pada kehidupa sehari – hari yang erat kaitannya dengan penggunaan komputer dan jaringannya, keterampilan untuk melakukan setting IP sangatlah vital. Namun, para praktisi di dunia informatika seringkali kurang tertarik untuk mempelajari materi ini. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu media interaktif yang dapat mendorong minat untuk mempelajari ilmu tentang setting IP dan subnetting.
Jaringan memang sangat menarik untuk di pelajari apalagi memang sekarang semua serba jaringan. Namun seringkali kita kesulitan untuk mempelajarinya di karenakan keterbatasan alat dan peralatan yang harganya cukup lumayan. Tapi tidak perlu kawatir berbagai software simulasi jaringan kini sudah banyak beredar.berikut software2x simulasi jaringan yang bisa anda gunakan.
1. Cisco Packet Tracer

Cisco Packet Tracer adalah salah satu tool yang digunakan untuk melakukan simulasi suatu jaringan komputer. Dengan memakai tool ini , kita bisa melakukan simulasi konfigurasi pada device jaringan seperti aslinya. Lumayan menghemat anggaran bukan?? hehe. Tetapi, tool ini pun ada kekurangannya, yaitu konfigurasi pada beberapa device dihilangkan , yaitu pengurangan command pada Cisco IOS.

2. GNS3

GNS3 (Graphic Network Simulator) adalah software simulasi jaringan komputer berbasis GUI yang mirip dengan Cisco Packet Tracer.
Pada GNS3 memungkinkan simulasi jaringan yang komplek, karena menggunakan operating system asli dari perangkat jaringan seperti cisco, juniper, Mikrotik, dll. Sehingga kita berada pada kondisi lebih nyata dalam mengkonfigurasi router langsung daripada di Cisco Packet Tracer. Yang lebih hebatnya lagi, simulasi jaringan yang kita buat dapat dikoneksikan ke jaringan nyata, jadi seperti belajar di lab virtual.

3. Cisco Aspire CCNA Edition

Cisco CCNA Aspire Edition adalah game edukasi berbasis simulasi, terdekat dalam genre untuk simulasi strategis dan game quest. Cisco CCNA Aspire Edition dimaksudkan untuk memberikan pengguna kesempatan untuk mengembangkan keterampilan teknis mereka.
Cisco CCNA Aspire Edition memiliki media-fidelity, jaringan-mampu, lingkungan pembelajaran berbasis simulasi yang memungkinkan siswa untuk merancang jaringan, mengkonfigurasi, dan atasi masalah jaringan komputer pada tingkat CCNA Cisco ® kompleksitas.
4. IPSims

Pada permainan yang berjudul IPSims ini, pemain dihadapkan pada simulasi jaringan komputer, layaknya jaringan komputer pada dunia nyata, pemain harus memberikan alamat IP, subnet mask, dan gateway dengan benar pada tiap – tiap router dan host yang tersedia di tiap stage.
Sistem permainan game ini sendiri adalah menjodohkan antara jawaban dan soal. Petunjuknya berasal dari diagram jaringan yang tampak pada tiap stage. Pemain diberi waktu 5 menit untuk menyelesaikan tiap stage. Semakin cepat pemain menyelesaikan stage, skor yang didapat juga semakin besar.
IPSims dilengkapi dengan fitur upload score online, sehingga pemain dapat menunjukkan nilai yang telah dicapai ke pemain lainnya. Selain dapat mengupload score, pemain juga dapat menunjukkan nilainya melalui posting di Twitter, Facebook, atau MySpace. Dengan fitur ini, pemain bisa memberikan tantangan kepada teman – temannya melalui posting via situs jejaring sosial tersebut, dengan demikian, makin banyak orang yang merasa tertantang dan mencoba permainan ini.

5. iNetwork

iNetwork merupakan interaktif learning yang mengajarkan pengguna tentang jaringan. Aplikasi ini dikembangkan di University of Technology Sydney (UTS) oleh mahasiswa yang akan menyelesaikan sarjananya, diantaranya Minh Trieu, Joel Baltaks, Melissa Ye, John Ton, Peter Huynh, Peter Luong. Ada yang kenal gak ya …. Big Smile
iNetwork dibuat menggunakan bahasa C# .NET Framework. Cara menggunakannya juga sangat mudah, karena dibuat berbasis GUI. Jadi tinggal pake mouse dan klik–klik pada menu yang ada. Aplikasi ini portable, jadi tidak perlu melakukan instalasi, cukup melakukan ekstrak, kemudian jalankan file iNetwork Simulator.exe

6. Netnotep Simulator

Hampir sama dengan INetwork namun ini lebih simple dan sederhana namun lumayan untuk dicoba. Netnotep bisa anda gunakan untuk membuat Planning Jaringan Untuk Perusahaan, Warnet dsb. Selain itu Kita Bisa Presentasi dengan Menggunakan Program tersebut dan menjelaskan satu persatu. Software ini juga gratis & sangat mudah serta hasilnya juga sangat maximal .

7. Boson Netsim

Jika Packet Tracer merupakan software simulasi jaringan, Boson Netsim merupakan Router Simulator yaitu simulasi yang khusus untuk Router. peralatan yang ada disini yang pasti adalah Router, tersedia berbagai Series mulai dari Series 800, 1000, 1600 1700, 2500, 2600, 3600, 4500. Selain Router juga ada Switches tersedia berbagai Series diantaranya Series 1900, 2900, 3500. Untuk Connectornya yaitu Ethernet, Serial, ISDN. Selain itu masing masing pelatan dilengkapi dengan Informasi mengenai Class, Speed, Model. Pokoknya siplah buat anda yang ingin belajar configurasi Router.

Nah itu mengenai Software pembantu simulasi dalam pembuatan atau perencanaan sebuah jaringan. Semoga dapat membantu dan bermanfaat

Post a Comment

0 Comments