Ticker

6/recent/ticker-posts

Cara Mudah Memasang Tombol Share Di Blogger

Kiara - Memasang tombol share di blog merupakan suatu kewajiban bagi pembuat blog, mengapa? Karena dengan adanya tombol share tersebut, pengunjung atau pembaca akan lebih mudah untuk membagikan artikel yang dibaca ke sosial media. Dengan dibagikannya artikel itu menjadi keuntungan tersendiri untuk pemilik blog atau website karena setidaknya artikel yang dibagikan oleh pembaca akan dikunjungi juga oleh teman-temannya untuk membacanya juga sehingga artikel banyak yang membaca dan itulah yang menguntungkan bagi pemilik blog. Blogger juga sudah menyediakan tombol share untuk pembuat blog di blogger, tetapi kurang diminati karena selain kecil tampilannya juga kurang menarik. Maka dari itu banyak seorang blogger membuat tombol share sendiri yang lebih menarik dan lebih dapat dilihat oleh pengunjung sehingga pengunjung merasa ingin menekan tombol share tersebut.

Tentu saja semua blogger ingin memasang tombol share yang bagus di blognya supaya lebih menarik dilihatnya selain itu cocok dengan tampilan blognya. Tetapi tidak semua blogger mengerti akan cara membuat tombol share untuk blognya apalagi apabila dia baru dalam dunia blogger dan belum mengerti soal mengedit tampilan blog. Maka dari itu saya disini akan membagikan Cara Mudah Memasang Tombol Share di Blogger dan tidak perlu repot-repot membuatnya, Anda hanya tinggal memilih yang cocok dan dipasang di blog.

Cara Membuat dan Memasang Tombol Share Di Blogger
Sesuai dengan judulnya yaitu memasang, maka pada tutorial ini Anda benar-benar memasang tombol share di blog. Anda hanya melakukan pemilihan design tombol share yang ingin dipasang di blog, sosial media apa saja yang akan ada pada tombol share tersebut dan sesudah selesai dipasang di blog. Untuk lebih jelasnya bisa mengikuti langkah demi langkahnya dibawah ini, tutorial terdapat gambar supaya memudahkan Anda untuk memahaminya.

Membuat Tombol Share untuk Blog
  1. Pertama Anda kunjungi terlebih dahulu situs AddThis di http://www.addthis.com/, karena pada situs tersebutlah kita akan membuat tombol share dengan mudah dan hanya tinggal memasang.

  2. Lalukan pendaftaran akun (sign up) melalui email, facebook atau apapun yang tersedia. Namun untuk lebih bagusnya gunakan email utnuk pendaftarannya.

  3. Karena untuk pendaftaran sendiri dianggap mudah maka saya tidak memberikan tutorial pendaftarannya dan pada tahap ini saya anggap Anda sudah terdaftar dan sudah pada Dashboard Addthis,
  4. Pada Dashboard, Anda masuk ke Tools untuk membuat tombol share blog, Klik pada Add a New Tool untuk menambahkan tool Anda.(Bagi yang sudah memiliki Acount)
  5. Pilih Share Buttons dari keenam tools yang ada karena tujuan kita adalah untuk membuat dan memasang tombol share di blog.

  6. Kita masuk ketahap mendesain tombol share untuk blog Anda, Pilih tipe tombol share untuk blog sesuai keinginan yang terdapat pada Select a Tool Type, lalu setelah menemukan tombol share yang cocok untuk blog Anda maka klik pada Continue untuk melanjutkan ketahap selanjutnya.

  7. Lalu kita masuk ketahap pengaturan tombol share yang akan dibuat dan dipasang pada blog. Position merupakan posisi dimana akan diletakannya tombol share tersebut pada blog. Sementara untuk Social Networks merupakan sosial media apa saja yang akan terdapat pada tombol share yang sedang dibuat. Apabila memilih otomatis (Automatic) maka yang terdapat meupakan sosial media yang direkomendasikan addthis (default). Maka dari itu saya sarankan untuk memilih Select your own yang artinya Anda memilih sendiri sosial media apa yang akan ada pada tombol share tersebut. Pilih sosial media sesuai keinginan, pada tahap ini terdapat juga pengaturan warna dan yang lainnya maka sesuaikanlah.

  8. Setelah selesai klik Save & Continue dan selesai tombol share sudah berhasil dibuat.
Pada tahap tersebut Anda seudah membuat dan mempunyai tombol share yang sesuai keinginan Anda untuk dipasang pada blog. Lalu bagaimana cara memasangnya pada blog? Lanjutkan membacanya untuk memasang tombol share tersebut pada blog Anda.
Memasang Tombol Share pada Blog
  1. Pada Tools di addthis, Anda masuk ke Get The Code atau artinya mendapatkan kode dan kode tersebutlah yang akan kita pasang pada blog Anda supaya terdapat tombol share yang sudah dibuat tadi.
  2. Salin kode yang terdapat pada halaman tersebut dengan cara klik Copy.
  3. Lalu kembali pada blogger dan masuk pada Theme, klik Edit HTML dan cari kode </body> karena kode yang didapatkan tadi di addthis harus disimpan tepat diatas kode </body> tersebut.
  4. Setelah menemukannya, maka tempel kode yang didapatkan tadi tepat diatas kode </body>.
  5. Kemudian klik Save Theme untuk menyimpannya dan lihat hasilnya pada blog Anda maka akan terdapat tombol share yang sudah dibuat oleh Anda sendiri.

Nah itu artikel tentang yang menjelaskan tutorial membuat dan memasang tombol share untuk blogger dengan mudah tanpa perlu mengerti HTML tersebih dahulu, terima kasih sudah membacanya. Semoga bermanfaat. Salam senyum IT | Kiara