Ticker

6/recent/ticker-posts

Tips solusi Taskbar Windows Menghilang | Kiara

Kiara - Taskbar pada komputer anda menghilang mungkin ini blog Kiara solusinya, mungkin diantara sobat lagi enak-enak menggunakan komputer eh tiba-tiba komputer mendadak taskbarnya menghilang, jengkel dan kesal ketika kerja dan ingin kembali ke program ternyata dan ternyata taskbarnya menghilang.

Seperti gambar di atas, mungkin sobat semua yang senang menggeluti komputer baik windows xp sampai ke windows 11, pasti tahu gambar di atas...ya...Taskbar. Bagaimana cara mengatasinya jika taskbar di komputer kita menghilang... Simak penjelasan berikut. Cek i dot :

1.  Lewat Menu Control Panel
2.  Lewat Task Manager

Dengan dua cara di atas sobat tinggal pilih mana yang paling mudah dan dianggap simple menurut sobat, tapi saya akan bahas dua-duanya dalam penjelasan di bawah ini.
Penyebab Taskbar Menghilang :
secara umum, ada empat penyebab utama dari terjadinya taskbar mendadak menghilang dan tidak bisa diakses :
  • Taskbar secara tidak sengaja di-resize dan tersembunyi dibagian bawah layar
  • Di Windows7 dan Windows Vista ketika ukuran resolusi tampilan dirubah, taskbar dapat tergeser ke area yang tidak terlihat di bawah layar.
  • Taskbar di-set agar secara otomatis disembunyikan saat tidak aktif (fitur auto-hide)
  • Proses explorer.exe mengalami crash [merupakan program yang bertanggung jawab atas sebagian besar interface di sistem operasi windows
untuk mengatasi masalah seperti di atas adalah sebagai berikut :

1.  Mengembalikan Taskbar yang Hilang lewat Control Panel
sobat masuk ke control panel => ubah tampilan menjadi ikon kecil

jika taskbar dalam keadan hiden, mestinya ia akan muncul ketika kuros diarahkan kearah bawah layar desktop, dan apabila dalam keadaan seperti itu kita harus melakukan dengan cara control panel.

pada kotak dialog hilangkan tanda cntang di samping tulisan Auto-hide the taskbar. Untuk menjaga-jaga dan pastikan posisi taskbar berada diposisi bawah layar desktop.

2.  Menggunakan metode Restart Explorer.exe
Explorer.exe yang crash merupakan penyebab paling lazim dari taskbar menghilang, akan tetapi bisa dibilang sebagai yang paling ribet untuk diatasi, sebenarnya tidak begitu, kita tinggal memanggil kembali dari program "explorer.exe"
Caranya anda harus memanggil program explorer.exe dari Task Manager. anda bisa melakukan hal tersebut dengan cara menekan tombol Ctrl Alt Delete secara bersamaan pada keyboard, dengan cara itu akan muncul kotak dialog Windows Task Manager.

 anda pilih dengan mengklik menu File dan pilih New Task (Run...), dan masukan kata explorer.exe pada kotak dialog seperti pada gambar di bawah ini;

Dengan hal ini akan me-restart proses explorer.exe dan diharapkan akan mengembalikan taskbar komputer anda semua.

Demikian artikel yang dapat saya berikan tentang penjelasan mengapa Taskbar komputer anda menghilang beserta solusinya. Semoga artikel ini bermanfaat. Salam Senyum IT | Kiara

Post a Comment

1 Comments