Ticker

6/recent/ticker-posts

IP Public dan IP Private | Kiara

Kiara - sahabat setia kiara semoga dihari ini sobat semua dilancarkan dalam segala urusan, pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang seputar IP Publik dan Private.
mungkin diantara sobat semua asih bingung dan bertanya "IP Publik dan Private itu apa yahhh...." oke simak sampai akhir soalnya pada postingan ini saya akan menjelaskan tentang apa itu IP Publik dan Apa itu IP Private.

1.   IP Publik
IP Publik adalah alamat IP yang dapat terhubung langsung ke jaringan internet. Jika digambarkan dengan kata-kata IP Publik itu semacam nomor telepon rumah atau nomor Hp yang bisa dihubungi oleh semua orang (Internet). IP Publik/alamat tersebut sudah diatur oleh lembaga yang bernama InterNIC. IP Publik bersifat unik, "Maksud dari pemahaman unik adalah tidak akan ada host yang memiliki IP yang sama.
Ip Publik biasanya dipakai seperti DNS Server, Mail Server dan lainnya. Mengapa demikian?, ini dikarenakan agar server dapat terhubung langsung kepada pengguna seluruh dunia di dalam jaringan internet. IP Publik ini bersifat worldwide, jadi biasanya server yang mempunyai IP Publik akan membutuhkan pengamanan yang lebih agar dapa terhindar dari serangan hacker.

=> Bagaimana cara mendapatkan IP Publik
IP Publik tidak dijual, IP Publik bisa didapatkan jika kita berlangganan dengan penyedia layanan internet (ISP) dan itu bayar, IP ini adalah IP Publik yang dipinjamkan kepada kita selaku pelanggan selama kita menggunakan jasa pada ISP tersebut. Mengapa hanya dipinjamkan? karena sesungguhnya yang membayar sewa IP itu adalah ISP, yang dibebankan kepada pelanggannya adalah jasa internetnya. Jumlah IP yang kita dapatkan tergantung dari kebijakan masing-masing ISP tersebut.

Jika menggunakan cara lain, bisa dengan membeli (Sewa) IP Publik ke APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia), namun kita harus membayar sewa IP tersebut berdasarkan jumlah IP (Block) yang akan digunakan nanti, dan agar IP tersebut bisa diakses kita tetap menggunakan ISP, setelah itu kita juga perlu konfigurasi jaringan kita menggunakan "IP Transit" agar IP Publik kita bisa dikenali dan juga tentunya bisa diakses, IP Publik tersebut bersifat permanen, selama kita menyewa IP Tersebut.

=> Bagaimana cara melihat IP Publik
Melihat IP Publik sangatlah mudah, yaitu ketika koneksi terhubung kunjungi situs https://whatismyip.com di sana akan ditampilkan IP Publik dari jaringan yang sudah terhubung dengan koneksi anda. Cara mengetes apakah IP Publik anda bisa digunkan atau bisa diakses sama orang lain, tentunya sudah bisa dan bisa anda coba dengan menggunakan jaringan lain.
IP Publik pada komputer saya yang terhubung jaringan dengan menggunakan situs "whatismyip.com" ip nya yaitu : 180.253.108.143

kemudian saya coba melakukan dengan pengetesan PING menggunakan android di HP punya saya sendiri.... tentunya jaringannya berbeda dengan jaringan IP Publik saya. Di sini saya menggunakan aplikasi Terminal Emulator, jika kalian ingin mencoba bisa langsung download di sini tanpa harus mendownload di hp anda dengan menggunakan playstore, cukup klik di sini

Nah itu yang dapat saya sampaikan mengenai penjelasan IP Publik, dan kita simak kembali penjelasan yang akan saya bahas tentang IP Private.

2.   IP Private
IP Private adalah IP Local atau bisa juga disebut Pribadi yang biasa digunakan untuk jaringan lokal (Intranet), IP Private biasa digunakan di perusahan, kantor, sekolah, dll. Dengan IP Private ini user bisa terhubung satu sama lain, berkomunikasi, melakukan transfer data tanpa memerlukan internet, asalkan setiap user tersebut berada dalam Local Area Network (LAN) yang sama. Admin dari jaringan local tersebut bebas menentukan berapa alamat IP untuk masing-masing user, beda halnya dengan IP Publik, IP nya sudah ditentukan oleh lembaga International.

=> Bisa atau tidak mengakses Internet menggunakan IP Private?
Bagaimana ya..... Sudah tentu bisa akan tetapi kita perlu bantuan Router yang mendukung Network Address Translation (NAT). NAT adalah sebuah metode yang berfungsi mentranslasikan IP Private ke Publik, jadi dengan adanya NAT ini IP Private akan bisa terkoneksi dengan Internet sama dengan IP Publik. Jika dianalogikan IP Private itu seperti telepon di sebuah lembaga dan tentunya akan saling berkomunikasi satu sama lainnya di lingkungan tersebut, akan tetapi jika pada suatu saat si user ingin melakukan panggilan keluar/hubungan ke luar lembaga, maka dibutuhkannya IP Publik agar kita bisa melakukan panggilan tersebut (Internet), dan tentunya harus melakukan konfigurasi sebagai IP Publik, atau bisa dibilang menggunakan identitas IP Publik tersebut. Agas busa lebih paham bisa sobat lihat sedikit gambaran yang terbentuk dalam sebuah topologi di bawah ini. 
Internet Assigned Numbers Authority (IANA) telah membagi tiga blok berikut sebagai ruang alamat IP untuk jaringan lokal (IP Private)
10.0.0.0 - 10.255.255.255 (Total Address : 16.777.216)
172.16.0.0 - 172.31.255.255 (Total Address : 1.048.576)
192.168.0.0 - 192.168.255.255 (Total Address : 65.536
Kelebihan dan Kekurangan dari IP Public dan IP Private

1.  IP Public

Kelebihan :
Dapat dikenali di Jaringan Internet dengan mudah, dikarenakan langsung terhubung ke internet tanpa membutuhkan Proxy, Server khusus, maupun konfigurasi NAT.

Kekurangan : 

  1. Tingkat keamanan yang rentan diserang hacker, karena IP Tersebut akan diberikan sebagai alamat umum dan terhubung langsung ke internet.
  2. Biaya registrasi yang mahal karena IP tersebut merupakan IP eksternal dan terbatas ketersediaannya.


2.  IP Private

Kelebihan :
  1. Untuk masalah keamanan IP Private bisa dibilang lebih aman dari IP Publik karena bersifat local dan tidak terhubung langsung dengan IP eksternal atau internet, sehingga lebih terproteksi dari serangan para hacker.
  2. Biaya registrasi lebih murah, karena mencakup address yang banyak.


Kekurangan : 

Tidak bisa langsung terhubung ke internet, harus dengan bantuan router, server, atau perangkat NAT untuk menghubungkan IP ini dan mentranslasikannya ke IP Publik yang kemudian ke internet.

Nah itu yang dapat saya sampaikan penjelasan kali ini semoga dapat bermanfaat. sekian dan saya ucapkan terima kasih kepada sobat yang telah menyimak dan membaca postingan saya.
Salam Senyum IT | Kiara

Post a Comment

0 Comments