Ticker

6/recent/ticker-posts

Membuat Nomor Halaman yang Berbeda dalam Satu File | Ms. Word

Kiara - Sahbat setia Kiara bagi anda yang kesusahan membuat nomor berbeda dalam satu file di Ms. Word, jangan khawatir kali ini admin ingin membagikan artikel berkaitan dengan hal tersebut. Mungkin diantara sobat jika membuat nomor berbeda dalam laporan atau dan sebagainya sebagian besar membedakan atau membuat file masing-masing....(dalam contoh : Kata Pengantar, Bab I, Bab II dan seterusnya) masing-masing file......

Tidak usah takut dan bingung jika harus membuatnya dalam satu file, simak penjelasannya dalam artikel ini...Cekidot. Katakanlah Anda ingin menggunakan nomor halaman atau format dan gaya nomor lain di bagian yang berbeda dalam dokumen. Nomor halaman seperti i, ii, iii… dapat digunakan untuk pengenalan dan daftar isi serta 1, 2, 3… untuk segala sesuatu setelahnya. Triknya adalah dengan memisahkan dokumen menjadi beberapa bagian dan memastikan bagian-bagian tersebut tidak tertaut. Lalu, atur penomoran halaman untuk setiap bagian tersebut dengan mengikuti langkah-langkah ini.

Catatan:
Jika menggunakan Word Online, Anda dapat menambahkan hentian halaman, namun tidak dapat menambahkan hentian bagian. Jika Anda memiliki aplikasi desktop Word, gunakan perintah Buka di Word untuk membuka dokumen. Ketika sudah selesai dan sudah menyimpannya, dokumen akan terus disimpan di tempat Anda membukanya di Word Online. Jika tidak memiliki Word, Anda dapat mencoba atau membeli Word dalam versi Office terbaru sekarang.
Untuk membuat penomoran yang berbeda, ikuti langkh-langkah berikut :
1.  Langkah awal klik menu insert > Page Number >pilih posisi penomoran


2.  Klik di bagian halaman dimana halaman tersebut ingin dibuat atau di mulai, hentikan, atau ubah penomoran halaman.
2.  Pilih Page Layout/Layout > Break> Next Page

Tips: Menampilkan hentian bagian dan tanda pemformatan lain saat mengetik mungkin akan berguna bagi Anda. Di tab Beranda, dalam grup Paragraf, pilih Perlihatkan/Sembunyikan (¶) untuk mengaktifkan tampilan tanda pemformatan. Pilih kembali tombol untuk menonaktifkan tampilan.
4.  Di halaman setelah hentian bagian, klik dua kali di area header (atas halaman) atau footer (bawah halaman) tempat Anda ingin menampilkan nomor halaman. Hal ini akan membuka tab Desain di bawah Alat Header & Footer.

5.  Klik Tautan ke Sebelumnya untuk membatalkan pilihan tombol dan memutuskan sambungan header atau footer Anda dari header atau footer di bagian sebelumnya.

Catatan: Jika Tautkan ke Sebelumnya redup, tidak ada hentian bagian di antara halaman saat ini dan halaman sebelumnya. Pastikan Anda telah berhasil menambahkan hentian bagian (lihat langkah 2) dan telah membuka header untuk bagian yang sesuai.
6.  Di dalam grup Header & Footer, klik Page Number, pilih lokasi, lalu pilih gaya di galeri.

Catatan: Jika perubahan hanya memengaruhi halaman pertama bagian, pastikan Halaman Pertama Berbeda tidak dipilih. Klik dua kali area header atau footer halaman pertama dari bagian, lalu lihat grup Opsi di tab Desain.

7.  Untuk memilih format atau mengontrol nomor awal, dalam grup Header & Footer, pilih Nomor Halaman > Format Nomor Halaman untuk membuka kotak dialog Pemformatan Nomor Halaman.

8.  Lakukan salah satu atau kedua hal berikut:
a.  Klik Format angka untuk memilih format penomoran, seperti a, b, c atau i, ii, iii.
b.  Di bawah Penomoran halaman, pilih Mulai dari, lalu ketikkan nomor yang diinginkan       untuk memulai bagian.
Tips:
Jika hanya ingin mengubah atau menghapus nomor halaman pertama dari bagian, klik dua kali untuk membuka header atau footer halaman tersebut, dan di grup Opsi di tab Desain, klik Halaman Pertama Berbeda. Hapus atau format nomor halaman pertama sesuai keinginan Anda
Anda juga dapat mengubah tampilan nomor halaman. Di tab Beranda, pilih Font, lalu ubah, sebagai contoh, gaya dan keluarga font, serta ukuran dan warna font.
9.  Setelah selesai, pilih Tutup Header dan Footer atau klik dua kali di mana saja di luar area header atau footer untuk menutupnya.


Nah itu yang dapat admin berikan dalam postingan kali ini, semoga berhasil dan bermanfaat.
Salam Senyum IT | Kiara