Ticker

6/recent/ticker-posts

Baypass Jaringan Hotspot pada Mikrotik

Kiara - Sahabat setia kiara komputer pada kesempatan kali ini admin sudah lama tidak memposting artikel di blog ini, mungkin kengan alasan yang tak asing yaitu sibuk lah... tidak ada waktu lah... ya omong-omong kosong. Tapi kali ini admin kiara ingin memberikan sebuah ulasan tentang terkait dengan bagaimana sih caranya melakukan interkoneksi pada suatu jaringan internet tidak harus melakukan Login pada Hotspot atau memasukan key pada sebuah wifi WPA.
Sebagian layanan hotspot yang private atau dikhususkan hanya untuk karyawan perusahan dan para guru di sekolah biasanya diberikan laman login hotspot. Halaman login hotspot digunakan untuk mengamankan jaringan hotspot, jadi setiap perangkat yang telah terhubung ke hotspot harus memasukan username dan password agar bisa melakukan internetan melalui hotspot tersebut.
Semua RouterOS Mikrotik jenis apapun sudah dilengkapi fitur untuk membuat hotspot, pada fitur Hotspot yang telah disediakan terdapat diantaranya adalah Managemen user/pengguna, Managemen bandwidth user, Managemen waktu. akan tetapi kali ini admin kiara akan membahas mengenai baypass login hotspot pada mikrotik, maksud dari bayypas adalah melakukan ineterkoneksi pda sebuah jaringan tidak lagi membutuhkan login (username dan password), dengan kepastian ketika anda melakukan koneksi perangkat langsung terhubung tanpa melakukan regestrasi.
Adapaun tahapan-tahapannya sebagai berikut :
Pertama anda harus login dulu pada Winbox , admin kiara tidak akan membahas tentang konfigurasi dasar mikrotiknya, disini Admin langsung kepada intinya bagaimana cara melakukan internet dengan melewati LOGIN pada laman hotspot mikrotik. 
IP-Hotspot

pada laman Hotspot pilih IP Bindings

IP Bindings
Mengiziinkan user untuk terkoneksi tidak melewati proses autentikasi dai hotspot, hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan fitur IP Bindings, tapi kita harus tahu dulu Mac Address dari perangkat yang akan terkoneksi sehingga kita bisa tambahkan rule di IP Bindings tersebut.
Misalkan "Mac Address 1A:2B:3C:4D:5E:6F:70:AA" akan di baypass, sehingga user yang memiliki mac address tersebut jika ingin terkoneksi ke internet tidak akan melewati proses autentikasi dari hotspot login.
IP=> Hotspot=> IP Bindings. Kemudian tambahkan Mac Address dari user yang akan di baypass.
pada opsi type terdapat 3 macam parameter, yaitu :
  1. Blocked = Mac address yang didaftarkan dengan type ini otomatis tidak akan mendapatkan layanan hotspot. 
  2. Bypassed = Mac address yang didaftarkan dengan type ini akan dibypass sehingga tidak perlu melewati proses autentikasi.
  3. Regular = Mac address yang didaftarkan dengan type ini akan melewati proses autentikasi seperti user biasa, misalkan digunakan hanya untuk mengalokasikan ip address khusus ke host tertentu. 

Kita juga bisa melakukan IP-Bindings terhadap host yang aktif. Caranya cukup mudah yaitu pilih host yang akan dilakukan IP-bindings, kemudian klik dua kali dan pilih "Make Binding" 

Selanjutnya akan muncul Hotspot IP Bindings, pada parameter type pilih bypassed. 

Walled Garden 
User yang belum melewati proses autentikasi tapi bisa mengakses website tertentu, dalam hal ini bisa mengunakan walled garden. Misal, user yang belum terautentikasi bisa membuka website "www.mikrotik.co.id".

Pilih IP >> Hotspot >> Wallaed Garden. Kemudian pada parameter Dst.Host isikan *mikrotik.co.id dan pada Action, pilih allow.

IP-Walled Garden 

Fungsinya hampir sama seperti Walled Garden tetapi dapat melakukan bypass terhadap resource yang lebih spesifik pada protocol dan port tertentu. Biasanya digunakan untuk melakukan bypass terhadap server local yang tidak memerlukan autentikasi.

Misalnya kita akan melakukan bypass terhadap trafik dengan protokol tcp dan tujuan port 20-21 (FTP) 
Nah itu yang dapat admin kiara sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga artikel ini bermanfaat, selamat beraktifitas.
Salam Senyum IT. | Kiara

Post a Comment

0 Comments